- Zainal Aqib (2013:66) proses belajar mengajar (pembelajaran) adalah upaya secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan mengelola pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru agar terwujud kompetensi profesionalnya. Konsekuensinya, guru harus memiliki pemahaman yang utuh yang tepat terhadap konsepsi belajar dan mengajar.
- Dini Rosdiani (2012:94) pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi tradisional yang bersifat timbal balik, antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan akan dikuasainya di akhir kegiatan belajarnya. Strategi pembelajaran yang akan dipilih yang digunakan guru bertitik tolak dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sejak awal. Agar diperoleh tahapan kegiatan pembelajaran yang berdaya dan berhasil guna, guru harus mampu menentukan strategi pembelajaran apa yang akan digunakan sejak awal pembelajaran (Lif Khoiru Ahmadi Dkk. 2011: 9)
- Geriach dan Ely (Lif Khoiru Ahmadi Dkk. 2011: 9) Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah suatu rencana mencapai tujuan. Istilah strategi, metode atau teknik sering digunakan secara bergantian walaupun pada dasarnya, istilah-istilah tersebut memiliki perbedaan satau sama lain. Teknik pembelajaran sering disama artikan dengan metode pembelajaran. Teknik adalah jalan atau alat atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai.
- Gropper (Zainal Aqib, 2013:69) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.
- Hamzah B. Uno (2011:3) Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran.
Pustaka:
Dini Rosdiani. 2012. Model Pembelajaran Langsung
dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung. Alfabeta.
Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan
Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.
Lif Khoiru Ahmadi, Sofan Amri, Heno Ari Setyono,
Tatik Elisah. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta. PT
Prestasi Pustakaraya.
Zaenal Aqib. 2013. Model-Model Media dan
Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovativ). Bandung. Yrama Widya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
>>>>BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN<<<