RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan
upaya penanggulangannya
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan
kematian).
• Mendesripsikan arti dan
ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
• Mengdentifikasi faktor-faktor
pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian.
• Membandingkan tingkat
kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
• Mendeskripsikan kondisi
penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
• Menghitung angka perbandingan
laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan
angka tersebut.
• Mengartikan angka Usia
Harapan Hidup.
• Mendeskripsikan berbagai
dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
• Menyajikan informasi
kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik.
• Mengidentifikasi jenis-jenis
migrasi dan faktor penyebabnya.
• Menganalisis dampak positif
dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
Kondisi penduduk Indonesia
Ü Kuantitas penduduk Indonesia
Ü kualitas penduduk Indonesia
Ü Dinamika penduduk Indoneisa
Ü Masalah kependudukan di Indonesia
Ü Upaya mengatasi masalah kependudukan di
Indonesia
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi c. Tanya jawab
b. Inquiri
E.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü Kuantitas penduduk
Indonesia
Ü kualitas penduduk Indonesia
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Ü Menanyakan garis besar materi tentang
kondisi penduduk Indonesia, yang merupakan
tugas membaca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Salah satu siswa diminta menyampaikan
garis besar hasil bacaan/tugasnya.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
membimbing jalannya diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
penduduk.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
Diskusi
tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
F
Menghitung
kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk Indonesia.
F
Membuat
macam-macam bentuk piramida penduduk.
F
Menghitung
sex ratio dan beban ketergantungan.
F
Tanya
jawab tentang usia harapan hidup.
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Memberikan
tugas kepada siswa untuk menghitung dependency ratio
Pertemuan 3 dan 4
Materi : Dinamika penduduk
Indonesia
Ü Masalah kependudukan di Indonesia Upaya
mengatasi masalah kependudukan di Indonesia
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Sudah seimbangkah sumber daya
alam dan sumber daya manusia dinegara kita?
- Apa makna penduduk?
- Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Sumber daya manusia adalah
semua potensi yang berhubungan dengan data
kependudukan yang dimiliki
suatu daerah atau negar yang dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan hidup
manusia.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Diskusi
tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
F
Mengamati
dan tanya jawab tentang tabel kependudukan.
F
Membuat
grafik dan peta kependudukan.
F
Tanya
jawab tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
F
Diskusi
tentang dampak dan usaha penanggulangan migrasi.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Memberikan
tugas rumah untuk CDR dan ASDR
E.
Sumber Belajar
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta persebaran penduduk di Indonesia.
_ Gambar-gambar yang relevan.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya mengatasi
pertumbuhan penduduk yang tinggi.
Ü
Mendesripsikan
angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan
penghambatnya.
Ü
Mendeskripsikan
berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Ü
Membandingkan
tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
Ü
Mendeskripsikan
kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
Ü
Mengidentifikasi
jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif
serta upaya penanggulangannya.
Ü Mendeskripsikan kualitas penduduk dan
upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Te s tertulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
Tes Uraian
Proyek
Tes Uraian
Pilihan ganda
|
Ü
Sebutkah
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!
Ü
Sebutkat
4 faktor penunjang kelahiran!
Ü
Jelaskan
upaya mengatasi
ledakan penduduk!
Ü
Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!
Ü
Jelaskan
ciri-ciri piramida penduduk limas!
Ü
Carilah
data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu
tahun!
Ü
Jelaskan
dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!
Ü
Pertumbuhan
penduduk yang disebabkan oleh selisih angka kelahiran dan kematian
disebut.....
a.
pertambahan
penduduk
b.
pertumbuhan
penduduk
c.
pertambahan
penduduk umum
d.
pertumbuhan
penduduk khusus
Ü
Transmigrasi
yang disebabkan tekanan penduduk didaerah asal disebut transmigrasi....
a.
swakarya
b.
umum
c.
sektoral
d.
lokal
Ü
Rasio
ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk
menurut.....
a.
mat
a pencaharian
b.
umur
c.
agama
d.
tempat
tinggal
Ü
Adanya
daerah pemukiman kumuh merupakan dampak.....
a.
emigrasi
b.
urbanisasi
c.
transmigrasi
d.
migrasi
Ü
Indikator
kualitas penduduk yang paling berpengaruh adalah....
a.
dependensi
rasio
b.
angka
harapan hidup
c.
komposisi
penduduk
d.
kelahiran
Ü
Provinsi
di Indonesia yang mempunyai kepadatan tertinggi adalah....
a.
Jawa
barat
b.
Jawa
tengah
c.
Jawa
timur
d.
DKI
-
Ü
Tingkat
pendapatan suatu negara merupakan faktor penting untuk melihat kualitas
penduduk dari aspek.....
a.
sosial
b.
politik
c.
budaya
d.
ekonomi
Ü
Berikut
ini yang tidak termasuk indikator kualitas penduduk yang bersifat fisik
adalah....
a.
pendidikan
b.
kesehatan
c.
ekonomi
d.
kerjasama
Ü
Dibawah
ini adalah faktor geografis yang mempengaruhi bentuk sarana dan prasaran
perhubungan, kecuali.....
a.
iklim
b.
morfologi
c.
geologi
d.
kebudayaan
Ü
indikator
kualitas penduduk dalam bidang pendidikan adalah.....
a.
besarnya
buta huruf
b.
banyaknya
sekolah kejuruan
c.
banyaknya
jumlah pengangguran
d.
jumlah
penduduk yang masih sekolah
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
![]() |
Jumlah : 100
Tolangohula,
Guru Mapel IPS,
ARIYATI ZEES,
S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008
|
Peserta PPL II
Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur
lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting
lingkungan bagi kehidupan
• Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha
pelestarian lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan
sasaran pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat
pembangunan yang berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri
pembangunan yang berwawasan lingkungan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria
lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan
lingkungan.
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Bagaimana keadaan lingkungan
disekitar kalian?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menafsirkan
arti penting lingkungan bagi kehidupan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
Guru
memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan
untuk
F
mengatur
tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang :
Ø lingkungan hidup
Ø Kerusakan lingkungan hidup
F
Mempresentasikan
hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria
lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan
lingkungan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat
kalian lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Menceritakan hasil
pembangunan yang ada dilingkungan siswa masing-masing
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Diskusi
tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.
F
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur
biotik, sosial budaya)
Ü Menafsirkan arti
penting lingkungan bagi kehidupan.
Ü Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan
faktor penyebabnya.
Ü
Memberi
contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Ü
Menafsirkan
hakekat pembangunan berkelanjutan.
Ü
Mengidentifikasi
ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü
Mengidentifikasi
penerapan pembangunan berkelanjutan.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Produk
Tes Uraian
Tes Uraian
Uraiakan
Panduan observasi.
|
Ü
Sebutkan
3 unsur lingkungan hidup.
Ü
Jelaskan
manfaat hutan bagi kehidupan!
Ü
Buatlah
kliping berupa gambar atau baerita dari media cetak masing-masing 5 buah
tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh: alam dan manusia.
Ü
Berilah
contoh usaha untuk melestarikan daerah aliran sungai!
Ü
Jelaskan
yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.
Ü Sebutkan 4 ciri pembangunan
berkelanjutan.
Ü Amatilah wilayah sekitar kamu dan
buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
![]() |
Jumlah : 100
Tolangohula,
Guru Mapel IPS,
ARIYATI ZEES,
S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008
|
Peserta PPL II
Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.4.
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
- Menjelaskan permasalahan penduduk Indonesia ( kualitas dan kuantitas).
- Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
Ü Permasalahan penduduk
Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Ü Dampak dari permasalahan penduduk
terhadap pembangunan.
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi : Permasalahan penduduk Indonesia kuantitas dan kualitas).
Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
-
Sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
-
Bagaimana cara pembangunan yang mensejahterakan rakyat !
-
Bagaimana jika pembangunan menimbulkan masalah bagi
penduduk !
3. Apersepsi ;
-
sebutkan contoh fauna di Kalimantan!, cara pembangunan dan dampaknya.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
F
Melihat
dampak pembangunan daerah tempat tingggal siswa.
F
Guru
menanyakan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, dan
dampak
pembangunan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa membuat rangkuman
tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Refleksi, siswa menyebutkan jenis flora dan
fauna di Indonesia.
F
Tugas
membuat contoh pembangunan di daerahnya dan dampak bagi masyarakat.
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menjelaskan
permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).
Ü Mengidentifikasi dampak permasalahan
penduduk terhadap pembangunan.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes
Uraian
|
Ü Sebutkan t iga
permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.
Ü Jelaskan
pengaruh kepadatan penduduk yang tidak
merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya.
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
![]() |
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Hi. ABDULWAHID
HATLAH,S.Pd
NIP. 19710716 199802 1 005
|
Tolangohula,
Guru Mapel IPS,
ARIYATI ZEES,
S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2.
memahami proses kebangkitan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme
dan imperalisme Barat, serta
pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai
daerah
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
• Mendiskripsikan kedatangan
bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan
kolonial
• Mengidentifikasi perkembangan
kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk
perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
• Membaca dan membuat peta
daerah-daerah persebaran agama kristiani, Islam, dan agama lainnya di Indonesia
pada masa kolonial
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
Proses perkembangan
kolonialisme dan imperialisme barat
kedatangan bangsa barat ke
Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan
tindakan pemerintah kolonial
munculnya berbagai perlawanan
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
kedatangan bangsa barat ke
Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan
tindakan pemerintah kolonial
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap
dalam mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tuhan menciptakan manusia
bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling
mengenal dan menghargai. Oleh karena itu,
kita sangat dilarang untuk saling
menindas dan menjajah. Penjajahan
bertentangan dengan hak asasi manusia
sehingga harus dilawan.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
referensi tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya
kekuasaaan kolonial
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mendiskusikan
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Menunjuk
salah satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke
Indonesia
Pertemuan 3
Materi :
- Munculnya berbagai perlawanan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Mengajak siswa untuk
menunjukan bantuk-bentuk perlawanan rakyat diberbagai
daerah.
- Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Tanya jawab tentang
bentuk-bentuk perlawanan rakyat di berbagai daerah
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
memandu siswa untuk mengkaji referensi yang berkaitan dengan perlawanan di
berbagai daerah terhadap kolonial barat
F
Menelaah
bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai
daerah dengan mengamati gambar
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F
Memberikan
tugas untuk mengidentifikasi perang Diponegoro
E.
Sumber Belajar
• Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
• Atlas sejarah
• Foto dan gambar
• Musium
• Masyarakat
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mengidentifikasi kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial
Ü
Mengidentifikasi
pengaruh yang ditimbulkan oleh
kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah
Ü
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai
daerah
Ü Mengidentifikasidaerah –daerah persebaran agama
Kristiani
|
Tes tulis
Tes tertlis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Tes Uraian
|
Ü Uraikan kebijakan yang
dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksa dan sistem
Liberalisme
Ü Jelaskan pengaruh yang
ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial
diberbagai daerah
Ü Penyebab perang Banjar ialah
....
a.
perebutan kekuasaan di istana
b.Belanda campur tangan urusan
istana
c.
Belanda merebut pertambangan batubara
d.
Belanda menduduki Banjarmasin
Ü Sebutkan daerah-daerah yang
dipengaruhi agama Kristiani
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
![]() |
Jumlah : 100
Tolangohula,
Guru Mapel IPS,
ARIYATI ZEES,
S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008
|
Peserta PPL II
Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
>>>>BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN<<<