Kamis, 28 November 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS VIII SEMESTER 1 MATA PELAJARAN IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
upaya penanggulangannya
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)



A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan
kematian).
• Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
• Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian.
• Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
• Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
• Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.
• Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.
• Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
• Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik.
• Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
• Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Kondisi penduduk Indonesia
Ü  Kuantitas penduduk Indonesia
Ü  kualitas penduduk Indonesia
Ü  Dinamika penduduk Indoneisa
Ü  Masalah kependudukan di Indonesia
Ü  Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi c. Tanya jawab
b. Inquiri

E. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü  Kuantitas penduduk Indonesia
Ü  kualitas penduduk Indonesia

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Menanyakan garis besar materi tentang kondisi penduduk Indonesia, yang merupakan     tugas membaca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Salah satu siswa diminta menyampaikan garis besar hasil bacaan/tugasnya.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru membimbing jalannya diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
F  Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk  Indonesia.
F  Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk.
F  Menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.
F  Tanya jawab tentang usia harapan hidup.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Memberikan tugas kepada siswa untuk menghitung dependency ratio

Pertemuan 3 dan 4
Materi : Dinamika penduduk Indonesia
Ü  Masalah kependudukan di Indonesia Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Sudah seimbangkah sumber daya alam dan sumber daya manusia dinegara kita?
- Apa makna penduduk?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Sumber daya manusia adalah semua potensi yang berhubungan dengan data
kependudukan yang dimiliki suatu daerah atau negar yang dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
F  Mengamati dan tanya jawab tentang tabel kependudukan.
F  Membuat grafik dan peta kependudukan.
F  Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
F  Diskusi tentang dampak dan usaha penanggulangan migrasi.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Memberikan tugas rumah untuk CDR dan ASDR

E. Sumber Belajar
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta persebaran penduduk di Indonesia.
_ Gambar-gambar yang relevan.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.
Ü Mendesripsikan angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.
Ü Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Ü Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
Ü Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
Ü Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.
Ü Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.
Tes tulis



Tes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja


Tes tulis

Te s tertulis


Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian



Tes Uraian

Tes Uraian

Uji petik kerja produk

Tes Uraian

Proyek


Tes Uraian


Pilihan ganda

Ü Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!
Ü Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!
Ü Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!
Ü Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!
Ü Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas!
Ü Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu tahun!
Ü Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!
Ü Pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh selisih angka kelahiran dan kematian disebut.....
a.       pertambahan penduduk
b.      pertumbuhan penduduk
c.       pertambahan penduduk umum
d.      pertumbuhan penduduk khusus
Ü Transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk didaerah asal disebut transmigrasi....
a.       swakarya
b.      umum
c.       sektoral
d.      lokal
Ü Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut.....
a.       mat a pencaharian
b.      umur
c.       agama
d.      tempat tinggal
Ü Adanya daerah pemukiman kumuh merupakan dampak.....
a.       emigrasi
b.      urbanisasi
c.       transmigrasi
d.      migrasi
Ü Indikator kualitas penduduk yang paling berpengaruh adalah....
            a.      dependensi rasio
            b.      angka harapan hidup
            c.      komposisi penduduk
           d.      kelahiran
Ü Provinsi di Indonesia yang mempunyai kepadatan tertinggi adalah....
a.       Jawa barat
b.      Jawa tengah
c.       Jawa timur
d.      DKI -
Ü Tingkat pendapatan suatu negara merupakan faktor penting untuk melihat kualitas penduduk dari aspek.....
a.       sosial
b.      politik
c.       budaya
d.      ekonomi
Ü Berikut ini yang tidak termasuk indikator kualitas penduduk yang bersifat fisik adalah....
a.       pendidikan
b.      kesehatan
c.       ekonomi
d.      kerjasama
Ü Dibawah ini adalah faktor geografis yang mempengaruhi bentuk sarana dan prasaran perhubungan, kecuali.....
a.       iklim
b.      morfologi
c.       geologi
d.      kebudayaan
Ü indikator kualitas penduduk dalam bidang pendidikan adalah.....
a.       besarnya buta huruf
b.      banyaknya sekolah kejuruan
c.       banyaknya jumlah pengangguran
d.      jumlah penduduk yang masih sekolah


1.  Lembar Pengamatan Diskusi    
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai





















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai




























*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Tolangohula,
Guru Mapel  IPS,




ARIYATI ZEES, S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008

Peserta PPL II





Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar    : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan sasaran pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan.

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Bagaimana keadaan lingkungan disekitar kalian?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk
F  mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
Ø  lingkungan hidup
Ø  Kerusakan lingkungan hidup
F  Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat kalian lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Menceritakan hasil pembangunan yang ada dilingkungan siswa masing-masing

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
Ü Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
Ü Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Ü Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.
Tes  lisan

Tes tulis

Tes unjuk kerja



Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis

Observasi
Daftar pertanyaan
Tes Uraian

Produk




Tes Uraian


Tes Uraian

Uraiakan

Panduan observasi.
Ü Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup.
Ü Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan!
Ü Buatlah kliping berupa gambar atau baerita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh: alam dan manusia.
Ü Berilah contoh usaha untuk melestarikan daerah aliran sungai!
Ü Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.
Ü Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !


            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai





























*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               



Tolangohula,
Guru Mapel  IPS,




ARIYATI ZEES, S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008

Peserta PPL II





Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah     penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.4.  Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan  dampaknya terhadap pembangunan
Alokasi Waktu          : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
  1. Menjelaskan permasalahan penduduk Indonesia ( kualitas dan kuantitas).
  2. Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Ü  Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Ü  Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi        :  Permasalahan penduduk Indonesia kuantitas dan kualitas).
Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
a. Pendahuluan           :
1.  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan & kerapian kelas.
2.      Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
-                   Sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
-                   Bagaimana cara pembangunan yang mensejahterakan rakyat !
-                   Bagaimana jika pembangunan menimbulkan masalah bagi penduduk !
3.      Apersepsi         ;
- sebutkan contoh fauna di Kalimantan!, cara pembangunan dan dampaknya.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
F  Melihat dampak pembangunan daerah tempat tingggal siswa.
F  Guru menanyakan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, dan dampak pembangunan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F   Refleksi, siswa menyebutkan jenis flora dan fauna di Indonesia.
F  Tugas membuat contoh pembangunan di daerahnya dan dampak bagi masyarakat.

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).

Ü Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian



Tes Uraian 
Ü Sebutkan t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.

Ü Jelaskan pengaruh  kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya.


            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai






















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai




























*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Hi. ABDULWAHID HATLAH,S.Pd
NIP. 19710716 199802 1 005

Tolangohula,
Guru Mapel  IPS,



ARIYATI ZEES, S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMPN 1 TOLANGOHULA
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2.  memahami proses kebangkitan
Kompetensi Dasar    : 2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mendiskripsikan kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan
kolonial
• Mengidentifikasi perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
• Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama kristiani, Islam, dan agama lainnya di Indonesia pada masa kolonial

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat
kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
munculnya berbagai perlawanan

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tuhan menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling
mengenal dan menghargai. Oleh karena itu, kita sangat dilarang untuk saling
menindas dan menjajah. Penjajahan bertentangan dengan hak asasi manusia
sehingga harus dilawan.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan




c.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke Indonesia

Pertemuan 3
Materi :
- Munculnya berbagai perlawanan

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Mengajak siswa untuk menunjukan bantuk-bentuk perlawanan rakyat diberbagai
daerah.
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tanya jawab tentang bentuk-bentuk perlawanan rakyat di berbagai daerah

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi yang berkaitan dengan perlawanan di berbagai daerah terhadap kolonial barat
F  Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan mengamati gambar
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F  Memberikan tugas untuk mengidentifikasi perang Diponegoro

E. Sumber Belajar
• Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
• Atlas sejarah
• Foto dan gambar
• Musium
• Masyarakat

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi  kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial

Ü Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah

Ü Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah

Ü Mengidentifikasidaerah –daerah persebaran agama Kristiani

Tes tulis





Tes tertlis




Tes tulis







Tes Tulis


Tes Uraian





Tes Uraian




Tes pilihan ganda






Tes Uraian
Ü Uraikan kebijakan yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksa dan sistem Liberalisme

Ü Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial diberbagai daerah

Ü Penyebab perang Banjar ialah ....
a. perebutan kekuasaan di istana
b.Belanda campur tangan urusan istana
c. Belanda merebut pertambangan batubara
d.             Belanda menduduki Banjarmasin

Ü Sebutkan daerah-daerah yang dipengaruhi agama Kristiani



            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai





















*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               

Tolangohula,
Guru Mapel  IPS,




ARIYATI ZEES, S.Pd
NIP : 19681124 199403 2 008

Peserta PPL II





Rahmin Yunus
Nim: 231 409 098


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>>>BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN<<<